Wednesday, January 8, 2014

Banjir dan Angin Puting Lampung Timur: Langsung Sigap Bantu Warga


Lampung Timur (9/1) - Kader PKS Lampung Timur terjun membantu warga di wilayahnya yang menjadi korban banjir. Hujan besar disertai puting yang mengguyur sebagian besar wilayah Lampung sejak Rabu (8/1) dini hari menimbulkan banjir besar di kawasan tersebut.

Sedikitnya 60 rumah penduduk mengalami kerusakan dan 30 rumah diantaranya rusak berat di Kampung Karanganyar, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur.

Anggota Gugus Pandu Reaksi Cepat (GPRC) Partai Keadilan Sejahtera Lampung Timur (PKS Lamtim) Adam Bakri mengatakan, timnya langsung terjun ke lokasi bencana untuk membantu warga. Tim pendahuluan bahkan segera datang dini hari pasca kejadian dengan membawa tim kesehatan.


“Kalau yang pagi ini, ada sekitar 20 orang Pandu yang turun membawa bahan makanan dan chain saw (pemotong kayu) karena banyak pohon tumbang yang merusak rumah penduduk maupun menghalangi jalan,” jelas Adam dalam rilis yang diterima Humas Dewan Pengurus Pusat PKS, Kamis (9/1/2013)

Di lokasi, bersama warga GPRC PKS Lamtim turut memperbaiki rumah warga serta menyingkirkan pepohonan yang tumbang.

Adam menjelaskan satu korban luka berat di kepala sudah dihantarkan ke klinik untuk dijahit lukanya. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” ujar Adam.

Sehari sebelumnya pada Selasa (7/1) pukul 04.45 WIB, sebuah pohon besar setinggi 50 meter di Jalan Hasanuddin Kecamatan Kupang Teba Bandar Lampung roboh karena angin kencang dan menimpa sedikitnya 10 rumah warga. Mengetahui hal itu, tim kepanduan dari Pos Penanggulangan Bencana (P2B) PKS turut hadir dan memberikan bantuan di lokasi.

Menurut anggota P2B PKS Bandar Lampung Abdullah, tim kepanduan PKS termasuk yang pertama hadir dan memberi bantuan di lokasi bencana. “Warga yang terluka segera dilarikan ke rumah sakit dan bersama warga kita memberikan pertolongan pertama untuk yang membutuhkan,” ujar pria yang akrab disapa Aab ini. []

No comments:

Post a Comment